PENYELIDIKAN PRA-U 2011

Monday, April 25, 2011

APA ITU RADIASI ?


Radiasi adalah setiap proses dimana tenaga bergerak melalui media atau ruang yang pada akhirnya akan diserap oleh benda lain. Biasanya orang hanya mengenal radiasi ionisasi dimana radiasi tersebut adalah radiasi yang dihasilkan oleh senjata nuklear, reaktor nuklear, ataupun zat radio aktif. Jangan salah, didunia ini juga terdapat RADIASI ELEKTROMAGNETIK yang lebih jauh berbahaya. Hal ini dikarenakan manusia zaman sekarang tidak dapat menghindari beragam jenis teknologi yang mereka gunakan sehari-hari, seperti telefon mobile, telefon rumah, television, komputer, laptop, IPod atau MP3, radio tape, dan  banyak lagi. Didunia ini terdapat 3 jenis kekuatan radiasi:  Alpha, Beta, dan Gamma.

  • Radiasi Alpha   : radiasi radioaktif di mana inti atom dapat memancarkan partikel alpha, dan dengan demikian mengubah (atau ‘meluruh’) menjadi atom dalam  masa yang singkatl, sehingga memiliki massa partikel yang tinggi dan memiliki sedikit tenaga dan jarak yang rendah. Ia tidak dapat menembusi kulit dan mampu disekat dengan hanya menggunakan sehelai kertas, bagaimanapun, ia sangat sensitif dan mampu mengundang bahaya kepada paru-paru.

  • Radiasi Beta     : Radiasi radioaktif dimana partikel beta (elektron dan Positron) dipancarkan. Radiasi Beta adalah radiasi yang kurang terionisasi dibandingkan alpha, tetapi lebih dari sinar gamma sehingga seringkali dapat disekatkan dengan beberapa sentimeter logam. Radiasi ini dapat menembusi badan manusia tetapi tidak mampu menembusi lapisan kertas aluminium.
  • Radiasi Gamma : Sinar Gamma adalah satu bentuk tenaga dari radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh radioaktif atau proses nuklear atau subatomik lainnya seperti penghancuran elektron-positron. Radiasi gamma terdiri dari foton dengan frekuensi lebih besar dari 1019 Hz. Radiasi gamma bukan elektron atau neutron sehingga tidak dapat dihentikan hanya dengan kertas atau udara, penyerapan sinar gamma lebih efektif pada percantuman bilangan atom dan kepadatan yang tinggi. Bila sinar gamma bergerak melalui sesuatu bahan maka penyerapan radiasi gamma  proporsional dengan ketebalan permukaan bahan tersebut. Ia juga dapat menembusi badan manusia. Sinarannya yang lebih kuat memerlukan beberapa meter plumbum atau konkrit untuk menyekat penembusannya.
  • Radiasi Neutron :  Biasanya berlaku di dalam reaktor nuklear dan mampu menembusi plumbum dan konkrit.

    Radiasi alfa, beta dan gamma pada kadar yang rendah secara semulajadinya adalah sebahagian daripada alam sekitar dan mungkin wujud dalam beberapa klasifikasi sisa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...